Kurikulum

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN CIREBON

DINAS PENDIDIKAN

 

 

 

KURIKULUM

SD NEGERI 2 SINDANGMEKAR

( Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter )

 

 

 

 

Disusun oleh :

 

 

TIM PENGEMBANG SEKOLAH

SD NEGERI 2 SINDANGMEKAR

 

 

 

 

 

 

 

 

UPT PENDIDIKAN KECAMATAN DUKUPUNTANG

SD NEGERI 2 SINDANGMEKAR

Jalan Mangga No. 22 Desa Sindangmekar

Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon

 

2013

PENGESAHAN

KURIKULUM

SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SINDANGMEKAR

Setelah memperhatikan masukan  dan pertimbangan dari berbagai pihak, maka Kurikulum SD Negeri 2 Sindangmekar disahkan untuk dijadikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada tahun 2013 / 2014.

 

Sindangmekar,  Juli 2013

Ketua Komite

SD Negeri 2 Sindangmekar

MUHAIMIN, S.Pd.I

Kepala Sekolah

SD Negeri 2 Sindangmekar

H. RUGA, S.Pd.

NIP. 19630317 198610 1 003

Mengetahui,

Kepala UPT Pendidikan

Kecamatan Dukupuntang

H. MASDI, S.Pd., M.M.Pd.

NIP.  19650410 198603 1 016

 

 

 

 

 

TIM PENGEMBANG KURIKULUM

SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SINDANGMEKAR

 

 

Ketua

:

H.  RUGA, S.Pd.

( Kepala SDN 2 Sindangmekar )

Sekretaris

:

BUNAWI, S.Pd.SD 

( Guru SDN 2 Sindangmekar )

Anggota

:

1.   MUHAIMIN, S.Pd.I 

( Ketua Komite SDN 2 Sindangmekar )

  1. 2.    SUPARNA, S.Pd.

( Guru SDN 2 Sindangmekar )

 

  1. 3.    KAMALI, S.Ag.

( Guru SDN 2 Sindangmekar ).

 

  1. 4.    JUMARI, S.Pd.

( Guru SDN 2 Sindangmekar )

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas ridho-Nya kami dapat menyusun Kurikulum SD Negeri 2 Sindangmekar. Kurikulum ini merupakan pedoman dalam melaksanakan pendidikan di Sekolah sehingga sistim pendidikan akan berjalan efektif dan lancar serta tercapai tujuan pendidikan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kurikulum SD Negeri 2 Sindangmekar yang kami susun berdasarkan rumusan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah, Guru, dan Komite sekolah. Hasil rumusan tersebut kemudian dimusyawarahkan untuk dikaji lebih lanjut. Hasil kajian ini selanjutnya disusun menjadi sebuah kurikulum yang akan dilaksanakan di SD Negeri 2 Sindangmekar. Kurikulum yang kami susun masih belum sempurna karena perlu kajian dan temuan-temuan dilapangan, sehingga pada tahun mendatang kurikulum ini direvisi hingga mendekati sempurna.

Akhirnya, kami selaku penyusun Kurikulum SD Negeri 2 Sindangmekar memohon kepada semua pihak untuk memberikan masukan yang berguna sehingga kami dapat menjalankan kurikulum ini secara optimal.

Sindangmekar,   Juli 2013

Penyusun

Daftar Isi

 

Halaman Pengesahan

KATA PENGANTAR ………………………………………………………………………..  i

DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………  ii

 

BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………………………  1

  1. Rasional …………………………………………………………………………………  1
  2. Landasan ……………………………………………………………………………….  3
  3. Standar Isi ………………………………………………………………………………  3
  4. Standar Kompetensi Lulusan ………………………………………………..  4
  5. Pengertian ……………………………………………………………………………..  4

BAB II VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH ……………………………………  6

  1. Visi SD Negeri 2 Sindangmekar …………………………………………….  6
  2. Misi SD Negeri 2 Sindangmekar ……………………………………………  6
  3. Tujuan Pendidikan  di SD Negeri 2 Sindangmekar ………………  6
  4. Strategi Pencapaian Visi dan Misi SD Negeri 2 Sindangmekar          7

BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM …………………………  8

  1. Struktur Kurikulum …………………………………………………………………  8
  2. Muatan Kurikulum …………………………………………………………………  9
  1. Kelompok Mata Pelajaran ………………………………………………..  9
  2. Mata Pelajaran …………………………………………………………………  11
  3. Muatan Lokal ……………………………………………………………………  15
  4. Pengembangan Diri ………………………………………………………..  15
  5. Beban Belajar ………………………………………………………………….  17
  6. Ketuntasan Belajar ………………………………………………………….  18
  7. Kenaikan Kelas ……………………………………………………………….  20
  8. Kelulusan………………………………………………………………………… 20
  9. Penentuan Kelulusan ……………………………………………………..  21

BAB IV KALENDER PENDIDIKAN ………………………………………………….  22

  1. Permulaan Tahun Pelajaran  ………………………………………………..  22
  2. Kegiatan Tengah Semester ……………………………………………………  22
  3. Libur Sekolah …………………………………………………………………………  22
  4. Jadwal Kegiatan …………………………………………………………………….  23
  5. Analisis Hari Efektif Kalender Pendidikan SD ……………………….  25

BAB V PENUTUP …………………………………………………………………………….  27

 

LAMPIRAN-LAMPIRAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.  Rasional

Berdasarkan Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menuntut pelaksanaan otonomi daerah dan wawasan demokratis dalam penyelenggaraan pendidikan. Pengelolaan Pendidikan yang semula bersifat sentralistik berubah menjadi desentralistik. Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi mendorong terjadinya perubahan pada aspek pendidikan, termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum SD pun menjadi perhatian dan pemikiran baru sehingga mengalami perubahan-perubahan kebijakan.

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan beban pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Bedasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional   pasal 36 ayat ( 2 ) dtegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prisip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah kurikulum yang terbaru yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan.

Kurikulum SD Negeri 2 Sindangmekar dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini di susun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan komite sekolah dibawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, serta dengan bimbingan nara sumber ahli pendidikan dan pembelajaran yang ada di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, khususnya di UPT Pendidikan Kecamatan Dukupuntang. Pengembangan kurikulum ini didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut :

  1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
  2. Beragam dan terpadu.
  3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
  4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
  5. Menyeluruh dan berkesinambungan.
  6. Belajar sepanjang hayat.
  7. Seimbang antara kepentingan nasional dan daerah.

Bedasarkan uraian tersebut, kurikulum ini tetap hanya sebuah dokumen  yang akan menjadi kenyataan apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik untuk : (a) belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (b) belajar untuk memahami dan menghayati, (c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (d) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain , dan (e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang efektif, menyenangkan, dan bermakna bagi siswa. Atas dasar kenyataan tersebut, pembelajaran di sekolah dasar hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak, efektif, demokratis, menantang, menyenangkan dan mengasikkan. Dengan semangat seperti itulah kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di SD Negeri 2 Sindangmekar.

B.  Landasan

Landasan penyusunan Kurikulum SD Negeri 2 Sindangmekar adalah sebagai berikut.

  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional (Lembaran Negara Republik  Indonesia Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4301).
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 205 Nomor 41, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4496).
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi  (SI) Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006  tentang Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23  tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

C.  Standar  Isi (SI)

Standar Isi (SI) mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Bagian-bagian dari Standar Isi yaitu Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum, Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran pada setiap semester dari setiap jenis dan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Standar Isi (SI) ditetapkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2006.

D.  Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar kompetensi lulusan meliputi kompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau seluruh kelompok mata pelajaran. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) ditetapkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2006.

E.  Pengertian

     1.   Kurikulum

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,  isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

2.   Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

KTSP adalah kurikulum operasional yang di susun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan dan silabus.

3.   Silabus

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompentensi, kompentensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompentensi dasar ke materi pokok/pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

4.   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode mengajar, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.

BAB II
VISI, MISI, TUJUAN DAN STRATEGI

 

A. Visi SD Negeri 2 Sindangmekar

    Terwujudnya siswa yang takwa, cerdas, terampil, sehat, dan berahlak mulia.

 

B. Misi SD Negeri 2 Sindangmekar

 

  1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga siswa berkembang optimal sesuai dengan kemampuannya.
  2. Menumbuhkembangkan semangat kerja sama secara kompetitif (bersaing) untuk meningkatkan pendidikan.
  3. Meningkatkan koordinasi, partisipasi masyarakat, dan orang tua siswa melalui Komite Sekolah.
  4. Menumbuhkan semangat belajar untuk meningkatkan wawasan dengan menyatukan kreatifitas dan keterampilan serta potensi peserta didik guna membangun masa depan yang lebih baik.

C.  Tujuan Pendidikan di SD Negeri 2 Sindangmekar

 

  1. Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan.
  2. Meraih prestasi akademik maupun non akademik minimal tingkat Kabupaten Cirebon.
  3. Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi.
  4. Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar.
  5. Menjadi sekolah yang diminati di masyarakat.
  6. Memiliki keterampilan yang sesuai dengan kemampuannya.

D. Strategi Pencapaian Visi dan Misi SD Negeri 2 Sindangmekar

  1. Pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana pendidikan.
  2. Penambahan sarana dan prasarana pendidikan.
  3. Meningkata profesionalisme guru.
  4. Meningkatkan efesiensi dan efektivitas pembelajaran
  5. Meningkatkan kedisiplinan dan etos kerja guru.
  6. Meningkatkan kerja sama dengan komite, orang tua siswa, masyarakat, dan instansi terkait.
  7. Membuat laporan yang tepat, cepat, dan akurat.

BAB III

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

 

A.  Struktur  Kurikulum

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunanmata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Struktur Kurikulum SD Negeri 2 Sindangmekar meliputi subtansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I  sampai dengan kelas VI.

Struktur Kurikulum SD Negeri 2 Sindangmekar disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Kurikulum SD Negeri 2 Sindangmekar memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.
  2. Subtansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan IPA Terpadu dan IPS Terpadu.
  3. Pembelajaran pada kelas I s.d  III  dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s.d  VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
  4. Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah  35  menit.
  5. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran adalah  36  minggu.

STRUKTUR KURIKULUM

 

Komponen

Kelas  Dan Alokasi Waktu

A. Mata Pelajaran

I

II

III

IV

V

VI

1. Pendidikan Agama

2

2

3

3

3

3

2. Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

3. Bahasa Indonesia

5

5

5

4. Matematika

5

5

5

5. Ilmu Pengetahuan Alam

4

4

4

6. Ilmu Pengetahuan Sosial

3

3

3

7. Seni Budaya dan Keterampilan

4

4

4

8. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan  Kesehatan

2

2

4

4

4

4

B. Muatan Lokal

6

6

6

C. Pengembangan Diri

2*)

2*)

2*)

Jumlah

30

31

32

38

38

38

 

 

B.  Muatan Kurikulum

1.  Kelompok Mata Pelajaran

Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa kirikulum untuk jenis pendidikan umum, dan khusus pada pendidikan dasar dan menengah terdiri atas :

  1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
  2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
  3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
  4. Kelompok mata pelajaran estetika; dan
  5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan.

Cakupan kelompok mata pelajaran.

  1. a.    Agama dan Akhlak Mulia

Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia Akhlak mulia mencakup estetika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dan pendidikan agama.

  1. b.    Kewarganegaraan dan Kepribadian

Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta meningkatkan kualitas dirinya sebagai manusia.

Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.

  1. c.    Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan pengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berfikir dan perilaku ilmiah yang kritis, kreatif, dan mandiri.

  1. d.    Estetika

Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasikan keindahan dan harmoni mencakup apresiasi dan ekpresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.

  1. e.    Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi pisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.

2.  Mata Pelajaran

Mata Pelajaran di SD Negeri 2 Sindangmekar terdiri atas 8 mata pelajaran  sebagai berikut.

  1. a.    Pendidikan Agama

Tujuan :

  • Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalamanpeserta didik tentang agama islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketaqwaanya kepada Allah SWT.
  • Mewujudkan manusi Indonesia yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi, (tasamuh), menjaga keharmonisan, secara personal, dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
  1. b.    Pendidikan Kewarganegaraan

Tujuan :

  • Berfikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
  • Berpartisipasi secara aktif dan bertanggungjawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta anti korupsi.
  • Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainya.
  • Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam pencaturan dunia secara langsung ataupun tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
  1. c.    Bahasa Indonesia

Tujuan :

  • Berkomunikasi secara efektif dan efisien dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulisan.
  • Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
  • Memahami bahasa Indonesia dan menggunakanya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
  • Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
  • Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
  • Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
  1. d.    Matematika

Tujuan :

  • Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien dan tepat, dalam pemecahan masalah.
  • Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
  • Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
  • Mengkomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
  • Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
  1. e.    Ilmu Pengetahuan Alam

Tujuan :

  • Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
  • Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positif dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan teknologi dan masyarakat.
  • Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan.
  • Meingkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturanya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
  • Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.
  1. f.     Ilmu Pengetahuan Sosial

Tujuan :

  • Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkunganya.
  • Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
  • Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan beekompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
  1. g.    Seni Budaya dan Keterampilan

Tujuan :

  • Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan.
  • Menampilkan sikap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan.
  • Menampilkan kreatifitas melalui seni budaya dan keterampilan.
  • Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan keterampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.
  1. h.    Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Tujuan :

  • Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktifitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
  • Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengmbangan psikis yang lebih baik.
  • Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
  • Meletakan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
  • Mengambangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri, dan demokratis.
  • Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
  • Memahami konsep aktifitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat, dan kebugaran, terampil serta memiliki sikap positif.

3.  Muatan Lokal

SD Negeri 2 Sindangmekar menyelenggarakan mata pelajaran muatan lokal dalam setiap semester. Berdasarkan kebutuhan masyarakat sekitar maka SD Negeri 2 Sindangmekar memberikan mata pelajaran muatan lokal Bahasa Sunda sebagai bahasa daerah di Jawa Barat, Bahasa Cirebon sebagai bahasa ibu dan pergaulan di daerah Cirebon, dan muatan lokal Budi Pekerti untuk mempersiapkan generasi muda yang berperilaku sopan dan berbudi luhur.

4.  Pengembangan Diri

Pengembangan diri merupakan kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan bakat, minat, dan kebutuhan peserta didik. Bentuk kegiatan pengembangan diri yang diselenggarakan di SD Negeri 2 Sindangmekar sebagai berikut.

a. Layanan Bimbingan Konseling dan Bimbingan Karier

Bimbingan konseling dilakukan oleh guru kelas masing-masing, sedangkan bimbingan karier dilakukan oleh Kepala Sekolah dan atau oleh guru yang diberi tugas khusus untuk membimbing, seperti :

– pembimbingan kepada siswa yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba / vestifal mewakili sekolah.

–   pembimbingan kepada peserta didik untuk dapat melanjutkan sekolah sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

b. Pembiasaan

Pembiasaan yang dilakukan di SD Negeri 2 Sindangmekar lebih dititik beratkan pada pembentukan karakter dan budi pekerti yang luhur. Adapun kegiatannya antara lain :

– Sebelum masuk kelas seluruh peserta didik melakukan berbaris   terlebih dahulu di depan kelas.

– Sebelum memulai belajar dan mengahiri belajar, berdoa terlebih dahulu.

–  Membudayakan 3 S ( senyum, sapa, dan salam )

–  Membiasakan LISA ( lihat sampah ambil )

–  Menanamkan sopan santun

Kegiatan Pembiasaan

Tata Cara Berpakaian untuk Peserta Didik

No.

Hari

Pakaian

1.

Senin s.d. Rabu Putih – merah

2.

Kamis Batik khas Cirebon

3.

Jumat Muslim

4.

Sabtu Pramuka

Tata Cara Berpakaian untuk Guru *)

No.

Hari

Pakaian

1.

Senin s.d. Rabu Coklat haki

2.

Kamis Batik

3.

Jumat Muslim

4.

Sabtu Bebas sopan

*) Khusus setiap tanggal 17 berpakaian KORPRI

*) Khusus hari Kamis minggu ke-3 berpakaian batik Pemda

*) Khusus hari Sabtu minggu ke-4 berpakaian batik PGRI

Jadwal Pembiasaan :

No.

Hari

Kegiatan

Nilai yang ditanamkan

1.

Senin Upacara Kedisiplinan, kepemimpinan

2.

Rabu Periksa kuku, rambut, gigi Kebersihan, keindahan,

3.

Jumat Kultum, senam massal, Religi, kesehatan, kepatuhan, dan ketertiban

4.

Sabtu Kebersihan massal Cinta lingkungan, kesehatan, dan keindahan

c. Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan di sekolah, meliputi :

–       keagamaan

–       kepramukaan

–       kesenian

–       olahraga

–       UKS

5.  Beban Belajar

Beban belajar dirumuskan dalam bentuk satuan waktu yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk mengikuti program pembelajaran melalui sistem tatap muka, penugasan terstruktur,dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Berbagai program pembelajaran yang dilakukan dalam upaya mencapai standar kompetensi lulusan dengan memperhatikan perkembangan peserta didik.

Pengaturan beban belajar di SD Negeri 2 Sindangmekar sebagai berikut :

Satuan

Pendidikan

Kelas

Satu Jam Pembelajaran Tatap Muka (Menit)

Jumlah Jam Pelajaran Per Minggu

Minggu Efektif

Waktu Pembelajaran Per Tahun

Jumlah Jam Per Tahun (60 Menit)

SD

I

s.d

III

35

Kelas

I.    30

II.   31

III.  32

36

Kelas

I   = 1050

II  = 1085

III = 1120

Jam

Pembelajaran

Kelas

I   = 37.800

Menit

II  = 39.060

Menit

III = 40.320

Menit

Kelas

I   = 630

II  = 651

III = 672

SD

IV

s.d

VI

35

38

36

1260

Jam

Pembelajaran

45360 Menit

756

 

Beban belajar penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur maksimum 40% dari jumlah waktu kegiatan tatap muka dari mata pelajaran yang bersangkutan.

6.   Ketuntasan Belajar

Ketuntasan setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatukompetensi dasar berkisar antara 0-100%. SD Negeri 2 Sindangmekar menentukan criteria minimal dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas, serta kemampuan sumber daya pendukung dan penyelenggaraan pembelajaran. Berikut kriteria ketuntasan setiap mata pelajaran :

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM ) MATA PELAJARAN

SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SINDANGMEKAR

TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NO

KOMPONEN

KKM / KELAS

I

II

III

IV

V

VI

A.

MATA PELAJARAN
1. Pendidikan Agama Islam

63

63

63

64

64

64

2. Pendidikan Kewarganegaraan

64

64

63

67

63

64

3. Bahasa Indonesia

62

62

65

67

63

63

4. Matematika

60

63

62

65

61

62

5. Ilmu Pengetahuan Alam

62

62

62

65

63

64

6. Ilmu Pengetahuan Sosial

62

62

62

66

62

65

7. Seni Budaya dan Keterampilan

65

65

63

66

67

65

8. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

64

66

66

65

68

68

B.

MUATAN LOKAL
1. Bahasa Sunda

63

62

60

66

62

63

2. Bahasa Cirebon

63

62

60

65

64

65

3. Budi Pekerti

65

62

70

65

65

65

C.

PENGEMBANGAN DIRI
1. Keagamaan

B

B

B

B

B

B

2. Pramuka

B

B

B

B

B

B

3. Olahraga (Senam)

B

B

B

B

B

B

4. Kesenian

B

B

B

B

B

B

5. UKS

B

B

B

B

B

B

7.  Kenaikan Kelas

Kenaikan kelas dilaksanakan setiap akhir tahun pelajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur sebagai berikut.

a)   Kriteria Kenaikan

1)    Nilai raport diambil dari nilai pengamatan, nilai harian, nilai tugas PR, nilai tes tengah semester dan nilai akhir semester dijumlahkan untuk mencari nilai rata-rata setiap siswa dalam satu mata pelajaran yang sesuai dengan Standar Ketentuan Belajar (SKB) di SD Negeri 2 Sindangmekar.

2)    Memiliki nilai raport dikelasnya masing-masing.

b)  Penentuan Kenaikan Kelas

1)    peserta didik harus menyelesaikan 75% program pembelajaran di kelas yang bersangkutan.

2)    Peserta didik harus memenuhi kehadiran minimal 80%.

3)    Penentuan siswa yang naik kelas dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru dengan memperhatikan SKB, sikap/perilaku/budi pekerti.

4)    Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas apabila yang bersangkutan tidak mencapai ketuntasan belajar minimal lebih dari tiga mata pelajaran.

8.  Kelulusan

Sesuai dengan ketentuan PP 19/2005 pasal 72 ayat (1), peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar setelah :

1)    Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.

2)    Memperoleh nilai minimal pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agamadan akhlak mulia, keompok kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaranjasmani, olahraga dan kesehatan.

3)    Lulus ujian sekolah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

4)    Lulusan Ujian Nasional (Ujian Sekolah)

9.  Penentuan Kelulusan

a.   Kriteria Kelulusan

1)    Memiliki raport kelas VI (enam)

2)    Telah mengikuti ujian sekolah dan memiliki nilai untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan, minimal nilai masing-masing 60,00

b.   Penentuan Kelulusan

  1. Penentuan siswa yang lulus dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru dengan mempertimbangkan nilai raport, nilai ujian sekolah, sikap/perilaku/budi pekerti siswa yang bersangkutan, dan memenuhi kriteria kelulusan.
  2. Siswa yang dinyatakan lulus diberi ijazah dan raport sampai dengan semester II kelasVI.
  3. Siswa yang tidak lulus mengulang di kelas terakhir.

BAB IV

KALENDER PENDIDIKAN

 

Kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun ajaran. Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

A. Permulaan Tahun Pelajaran

Permulaan tahun pelajaran dimulai pada minggu ketiga Juli 2013. Minggu pertama masuk sekolah selama tiga hari dengan kegiatan sebagai berikut.

  1. Kelas I melaksanakan orientasi sekolah.
  2. Kelas II s.d VI melakukan penyesuaian dengan kelas baru yang diisi dengan penyampaian awal pelajaran dan pembentukan kepengurusan kelas.

B.  Kegiatan Tengah Semester

Kegiatan tengah semester pada semester I dan II yaitu melaksanakan kegiatan ulangan tengah semester ( UTS ) dan pekan kreatifitas.

C.  Libur Sekolah

Hari libur sekolah merupakan hari yang ditetapkan oleh sekolah atau pemerintah daerah/pusat untuk tidak mengadakan proses pembelajaran di sekolah. Penentuan hari libur memperhatikan ketentuan sebagai berikut :

  1. Keputusan Mendikbud atau Menteri agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagaman.
  2. Peraturan Pemerintah Pusat/Propinsi/Kabupaten dalam hal penentuan libur umum/nasional atau penetapan hari libur serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan.

SD Negeri 2 Sindangmekar menentukan kebijakan libur sekolah sebagai berikut.

  1. Libur Semester I             : 23 Desember 2013 s.d 04 Januari 2014
  2. Libur Semester II            : 23 Juni s.d 12 Juli 2014

D. Jadwal Kegiatan

Rencana Kegiatan SD Negeri 2 Sindangmekar tahun pelajaran 2013/2014 sebagai berikut.

No

Jenis Kegiatan

Waktu Kegiatan

1

Rapat Persiapan PPDB

30 Mei 2013

2

Rapat Persiapan KBM Semester 1

15 Juli 2013

3

Rapat Pembagian Tugas Guru

15 Juli 2013

4

Penerimaan Peserta Didik Baru

24 Juni-06 Juli 2013

5

Hari Pertama Tahun Pelajaran 2013/2013

15 Juli 2013

6

Rapat Pleno Komite/Rapat Orang Tua Siswa

27 Juli 2013

7

Peringatan Hari Pramuka

Agustus 2013

8

Lomba Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia

Agustus 2013

9

Libur Idul Fitri

02-16 Agustus 2013

10

Ulangan Tengah Semestet (UTS) Semester 1

07-12 Oktober 2013

11

Libur Idul Adha 1434 H

15 Oktober 2013

12

Kegiatan Pekan Kreatifitas Siswa Semester 1

16 -19 Oktober 2013

13

Ulangan Akhir Semester 1

09-14 Des. 2013

14

Pembagian Rapor Semester 1

21 Desember 2013

15

Libur Semester 1

23 Des 2013 s.d.       04 Januari 2014

No

Jenis Kegiatan

Waktu Kegiatan

16

Hari Pertama Semester 2

06 Januari 2014

17

Ulangan Tengah Semester  (UTS) Semester 2

03-08 Maret 2014

18

Pelaksanaan TKD Kelas III

Maret 2014

19

Seleksi Calistung Kelas I Dan II

Maret 2014

20

Kegiatan Pekan Kreatifitas Siswa Semester 2

10-15 Maret 2014

21

Seleksi Siswa Berprestasi

Maret 2014

22

Seleksi Olimpiade MIPA

Maret 2014

23

Seleksi Kompetensi Keagamaan

April 2014

24

Seleksi Kompetensi Olah Raga Dan Seni

April 2014

25

Rapat Pembentukan Panitia US

April 2014

26

Perkiraan Ujian Sekolah Praktik

April 2014

27

Perkiraan Ujian Sekolah Tertulis

05-10 Mei 2014

28

Ulangan Kenaikan Kelas Semester 2

09-14 Juni 2014

29

Pelaksanaan Remedial

Juni 2014

30

Rapat Kelulusan

Juni 2014

31

Rapat Kenaikan Kelas

Juni 2014

32

Pembagian Rapor

21 Juni 2014

33

Libur Akhir tahun Pelajaran

23 Juni s.d. 12 Juli 2014

34

Rapat Evaluasi Kerja Tahun Pelajaran 2013/2014

Juni 2014

 

 

E. Analisis Hari Eefektif Kalender Pendidikan Sekolah Dasar

Bulan

Semester

Hari

Jumlah Hari Efektif

Keterangan

Senin Selasa Rabu Kamis Jum’at Sabtu

Juli

Semester I

3

3

3

2

2

2

15

  • 30 Mei 2013 Rapat Persiapan PPDB
  • 24 Juni –  6 Juli 2013 PPDB
  • 15 Juli 2013 Rapat Persiapan KBM Semester 1
  • 15 Juli 2013 Hari Pertama Tahun Pelajaran 2013/2014
  • 15 Juli 2013 Rapat Pembagian Tugas Guru
  • 27 Juli 2013 Rapat Pleno Komite/ Rapat Orang Tua Siswa

Agustus

2

2

2

3

2

2

13

  • Agustus 2013 Peringatan Hari Pramuka
  • Agustus 2013 Lomba Peringatan HUT Kemerdekaan RI
  • 02 – 16 Agustus 2013 Libur Idul Fitri

September

5

4

4

4

4

4

25

Oktober

4

4

5

5

4

4

26

  • 07-12 Oktober 2013 Ujian Tengah Semester 1
  • 16-19 Oktober 2013 Kegiatan Kreatifitas Siswa Semester 1

November

4

3

4

4

5

5

25

Desember

3

3

3

3

3

3

18

  • 09-14 Desember 2013 Ulangan Akhir Semester 1
  • 21 Des 2013 Pembagian Rapor Semester 1
  • 23 Des 2013-04 Jan 2014 Libur Semester 1

 

Januari

Semester II

4

3

4

4

3

3

21

  • 06 Januari 2014 Hari Pertama Semester 2
  • 14 Januari 2014 Libur Maulid Nabi Muhammad SAW
  • 31 Januari 2014 Libur Tahun Baru Imlek

Februari

4

4

4

4

4

4

24

Maret

4

4

4

4

4

5

25

  • 03-08 Maret  2014 Ulangan Tengah Semester 2
  • Maret 2014 Pelaksanaan TKD Kelas III
  • Maret 2014 Pelaksanaan Calistung Kelas II
  • 10-15 Maret 2014 Pelaksanaan Pekan Kreatifitas Siswa Semester 2
  • Maret 2014 Pelaksanaan Siswa Berprestasi
  • Maret 2014 Pelaksanaan Olimpiade MIPA
  • 31 Maret Libur hari Raya Nyepi

April

4

5

5

4

3

4

25

  • April 2014 Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Keagamaan
  • April 2014 Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Olahraga dan Seni
  • April 2014 Rapat Pembentukan Panitia US
  • April 2014 Perkiraan Ujian Sekolah Praktik

Mei

4

4

3

3

5

5

24

  • 05-10 Mei 2014 Perkiraan Ujian Sekolah Tertulis

Juni

3

3

3

3

3

3

18

  • 09-14 Juni 2014 Ulangan Kenaikan Kelas Semester 2
  • Juni 2014 Pelaksanaan Remedial
  • Juni 2014 Rapat Kelulusan
  • Juni 2014 Rapat Kenaikan Kelas
  • 21 Juni 2014 Pembagian Rapor
  • 23 Juni s.d 12 Juli 2014 Libur Akhir Tahun Pelajaran
  • Juni 2014 Rapat Evaluasi Kerja Tahun Pelajaran 2013/2014

Juli

 

 

 

 

 

 

 

Catatan :   Setiap kegiatan dapat berubah sesuai dengan merujuk pada program yang telah diputuskan pada tingkat kecamatan/kabupaten.

BAB V

P E N U T U P

 

Kurikulum  SD Negeri 2 Sindangmekar merupakan hasil kerja sama antara kepala sekolah, guru dan komite sekolah. Dalam penyusunan Kurikulum ini  kami juga mendapat masukan dari para Pengawas TK/SD Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon.

Proses penyusunan kurikulum yang telah memerlukan pemikiran dari berbagai pihak, maka diharapkan kurikulum ini dapat dilaksanakan dengan baik  dan mempertimbangkan berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan kurikulum tersebut. Dalam pelaksanaan kurikulum ini para guru harus lebih fleksibel agar tujuan pendidikan yang telah ditetapkan oleh sekolah maupun pusat dapat tercapai secara maksimal.

 

 

MATRIK KEGIATAN PENDIDIKAN KARAKTER

 ( NILAI, DESKRIPSI, DAN INDIKATOR PENDIDIKAN KARAKTER )

SD NEGERI 2 SINDANGMEKAR KECAMATAN DUKUPUNTANG

KABUPATEN CIREBON

TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

NILAI

Deskripsi

INDIKATOR

SEKOLAH

INDIKATOR

KELAS

 

Religius

Suatu sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
  • Merayakan hari-hari besar keagamaan
  • Pembagian zakat fitrah
  • Menyelenggarakan ibadah qurban
  • Menyelenggarakan ibadah rutin

 

  • Berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran
    • Hapalan surat-surat pendek /Talaqi
    • Membaca Yasinan setiap hari Jumat
    • Pesantren Kilat
    • Kultum sebelum melakukan sholat dhuha
    • Sholat dhuhur berjamaah

Jujur

Perilaku yang didasarkan pada kebenaran, menghindari perilaku yang salah, dan menjadikan dirinya menjadi orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
  • Menyediakan fasilitas tempat temuan barang hilang
  • Tranparansi laporan sekolah secara berkala
  • Menyediakan papan pengumuman permohonan maaf
  • Kantin kejujuran
  • Menyerahkan barang temuan
  • Tranparansi laporan kelas secara berkala
  • Mengakui kekeliruan
  • Tidak menyontek
  • Satunya kata dengan perbuatan

Toleransi

Suatu tindakan dan sikap yang menghargai pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dari pendapat, sikap, dan tindakan dirinya.
  • Memberikan perlakuan yang sama terhadap seluruh warga sekolah tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi.
  • Mengembangkan sikap saling toleransi / harga menghargai antar warga sekolah tanpa membeda-bedakan suku dan agama.
  • Memberikan pelayanan yang sama terhadap seluruh warga kelas tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan, status sosial, status ekonomi.
  • Memberikan perlakuan terhadap anak berkebutuhan khusus
  • Bekerja dalam kelompok yang heterogen/jender
  • Menengok teman yang sakit
  • Memberikan sumbangan kepada teman yang mendapat musibah

Disiplin

Suatu tindakan tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan yang harus dilaksanakannya.

 

  • Memiliki catatan kehadiran
  • Memberikan penghargaan kepada warga sekolah yang paling disiplin
  • Memiliki tata tertib sekolah
  • Disiplin waktu
  • Mematuhi aturan
  • Memberikan penghargaan/pujian

Kerja Keras

Suatu upaya yang diperlihatkan untuk selalu menggunakan waktu yang tersedia untuk suatu pekerjaan dengan sebaik-baiknya sehingga pekerjaan yang dilakukan selesai pada waktunya

 

  • Memberikan penghargaan kepada warga sekolah yang bekerja keras dalam meningkatkan prestasi sekolah
  • Menciptakan suasana sekolah yang menantang dan memacu untuk bekerja keras
  • Pantang menyerah
  • Memiliki etos kerja
  • Berani menanggung resiko

Kreatif

Berpikir untuk menghasilkan suatu cara atau produk baru dari apa yang telah dimiliki
  • Menciptakan situasi yang bisa menumbuhkan daya kreatif, berpikir dan bertindak.
  • Memberikan fasilitas warga sekolah untuk memamerkan dan memasarkan hasil karya kreatif mereka.

 

  • Menciptakan barang tidak bernilai menjadi bernilai
  • Memberikan nilai tambah barang

Mandiri

Kemampuan melakukan pekerjaan sendiri dengan kemampuan yang telah dimilikinya

 

  • Memberdayakan potensi sekolah
  • Membangun fasilitas sekolah dengan kemampuan yang dimiliki sekolah.
  • Percaya diri
  • Mampu mengerjakan tugas dan menyelesaikannya secara individual

Demokratis

Sikap dan tindakan yang menilai tinggi hak dan kewajiban dirinya dan orang lain dalam kedudukan yang sama

 

  • Melibatkan warga sekolah dalam setiap pengambilan keputusan
  • Menciptakan suasana  sekolah yang menerima perbedaan.
  • Pemilihan kepengurusan sekolah secara terbuka
  • Mengambil keputusan secara bersama
  • Seluruh produk kebijakan  melalui musyawarah dan mufakat
  • Mengimplementasikan model-model pembelajaran yang dialogis

 

Rasa Ingin Tahu

Suatu sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui apa yang dipelajarinya secara lebih mendalam dan meluas dalam berbagai aspek terkait.
  • Menyediakan media komunikasi (media cetak/media elektronik) bagi warga sekolah.
  • Memfasilitasi warga sekolah untuk bereksplorasi dalam pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya.

 

  • Senang mencari informasi
  • Eksplorasi lingkungan secara terprogram
  • Tersedia media komunikasi (media cetak/media elektronik)

Semangat Kebangsaan

Suatu cara berpikir, bertindak, dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
  • Melakukan upacara rutin sekolah
  • Melakukan upacara hari-hari besar nasional
  • Menyelenggarakan peringatan hari kepahlawanan nasional.

 

  • Bekerja sama dengan teman sekelas tanpa memandang perbedaan
  • Mendiskusikan hari-hari besar nasional

Cinta Tanah Air

Suatu sikap yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya. 
  • Menggunakan produk buatan dalam negeri
  • Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Menayangkan film tentang masyarakat, wilayah, dan flora dan fauna Indonesia
  • Memajangkan: Foto Presiden dan wakil Presiden, Bendera Negara, Lambang negara, Peta Indonesia, Gambar kehidupan masyarakat Indonesia,
  • Menggunakan produk buatan dalam negeri

Menghargai Prestasi

Suatu sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain. 
  • Memberikan penghargaan atas hasil prestasi kepada warga sekolah
  • Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi
  • Memberikan penghargaan atas hasil karya siswa
  • Memajang tanda-tanda penghargaan prestasi

Bersahabat

Suatu tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerjasama dengan orang lain.
  • Suasana sekolah yang memudahkan terjadinya interaksi antar warga sekolah
  • Berkomunikasi dengan bahasa yang santun
  • Saling menghargai dan menjaga kehormatan
  • Pergaulan dengan cinta kasih dan rela berkorban
  • Seting kelas yang memudahkan terjadinya interaksi siswa
  • Pembelajaran yang dialogis
  • Guru mendengarkan keluhan-keluhan siswa

Cinta Damai

Suatu sikap dan tindakan yang selalu menyebabkan orang lain senang dan dirinya diterima dengan baik oleh orang lain, masyarakat dan bangsa
  • Menciptakan suasana yang damai
  • Membiasakan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan
  • Membiasakan perilaku warga sekolah yang tidak bias gender
  • Perilaku seluruh warga sekolah yang penuh kasih sayang

 

  • Menciptakan suasana kelas yang damai
  • Membiasakan perilaku warga sekolah yang anti kekerasan
  • Pembelajaran yang tidak bias gender
  • Kekerabatan di kelas yang penuh kasih sayang

Gemar Membaca

Suatu kebiasaan yang selalu menyediakan waktu untuk membaca bahan bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.

 

  • Tidak terdapat tumpukan buku yang berdebu
  • Frekuensi kunjungan perpustakaan
  • Tidak terdapat tumpukan buku yang berdebu
  • Frekuensi kunjungan perpustakaan

Peduli Lingkungan

Suatu sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
  • Memelihara lingkungan sekolah
  • Tersedia tempat pembuangan sampah
  • Hemat enerji
  • Membuat biopori
  • Memelihara lingkungan kelas
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Hemat enerji

Peduli Sosial

Suatu sikap dan tindakan yang selalu ingin memberikan bantuan untuk membantu orang lain dan masyarakat dalam meringankan kesulitan yang mereka hadapi.
  • Berempati kepada sesama warga sekolah
  • Melakukan aksi sosial
  • Menyisihkan sebagian haknya untuk orang lain
  • Berempati kepada sesama teman kelas
  • Melakukan aksi sosial
  • Membangun kerukunan warga kelas

Tanggungjawab

Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan YME
  • Membuat laporan setiap kegiatan  yang dilakukan dalam bentuk lisan maupun tertulis.
  • Melakukan tugas tanpa disuruh
  • Menunjukkan prakarsa untuk mengatasi masalh dalam lingkup terdekat
  • Melaksanakan presentasi kelas
  • Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
  • Peran serta aktif dalam kegiatan kelas /sekolah
  • Mengajukan usul pemecahan masalah

Sindangmekar, Juli 2013

Mengetahui :

Pengawas Binaan

Drs. EDIN SUHAEDIN, M.M.

NIP. 19590507 197803 1 003

Kepala SDN 2 Sindangmekar

H. RUGA, S.Pd.

NIP. 19630317 198610 1 003

Leave a comment

Leave a comment

Blog at WordPress.com.